Rabu, 21 Desember 2011

Kandang Kelinci


Sebelum anda ingin memelihara kelinci anda harus memperhatikan kandang dahulu yang cocok dan jumlah kelinci yang akan anda pelihara. Kandang merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena kandang yang baik dan sehat juga berpengaruh terhadap kesehatan dan kelangsungan hidup sang kelinci kesayangan. Buat yang mempunyai kelinci hanya 1 atau 2 ekor tentu perkandangan tidak terlalu menjadi persoalan, kelinci dapat dilepas di dalam rumah layaknya kucing. Atau dapat juga dibelikan kandang kecil seperti di bawah ini.

Namun bagi para penghobi yang mempunyai koleksi kelinci lumayan banyak dan bagi yang ingin beternak kelinci ada baiknya menggunakan kandang model Baterei sebagai alternatif. Kelebihan kandang model ini adalah sanitasi mudah dilakukan, perkelahian dan kanibalisme tidak akan terjadi karena satu kandang hanya diisi 1 ekor kelinci, jika ada 1 kelinci yang sakit kelinci yang lainnya tidak mudah tertular, program pengembangbiakan dapat diatur lebih mudah, dapat menekan angka kematian anak kelinci, serta tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas.

Ukuran Kandang
Ukuran kandang untuk kelinci dibedakan berdasarkan besar dari masing2 kelinci yang ada. Di Tabos Rabbit ada 3 ukuran yang digunakan berdasarkan kegunaanya. Foto kandang dibawah ini adalah model kandang Baterei Bertingkat Tiga. Masing2 kamar mempunyai ukuran 65cm x 60cm x 45cm, digunakan untuk menempatkan kelinci jantan dan kelinci betina usia dara/belum siap kawin.

Selanjutnya untuk kelinci2 betina yang sudah siap kawin/bunting/sudah melahirkan dan sedang merawat anak2nya Tabos Rabbit menggunakan model kandang Baterei Bertingkat Dua. Ukuran masing2 kamar lebih besar karena memang akan digunakan sebagai tempat buat induk kelinci membesarkan anak2nya hingga usia sapih. Ukurannya yaitu 100cm x 60cm x 60cm, seperti pada gambar di bawah ini.

Disamping kedua model kandang Baterei tersebut, Tabos Rabbit juga menggunakan satu lagi model kandang Bateri Bertingkat Tiga yang mempunyai ukuran kamar lebih kecil, yaitu 45cm x 60cm x 45cm. Kandang ini digunakan sebagai tempat untuk anak2 kelinci yang baru lepas sapih. Selamat berkreasi untuk membuat kandang kelinci!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar